Pengertian pemasaran adalah sebuah aktivitas dari perusahaan yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan sebuah produk atau jasa. Hal ini termasuk juga periklanan, penjualan dan pengiriman produk kepada orang lain. Orang-orang yang bekerja pada bagian pemasaran perusahaan mencoba untuk menarik perhatian sasaran pasrnya dengan menggunakan slogan, desain paket, kerjasama selebritis dan tampilan media secara umum. “Empat P” dalam pemasaran adalah Product, Place, Price dan Promotion.
Banyak orang yang percaya bahwa pemasaran hanyalah tentang iklan atau penjualan. Namun, pemasaran adalah semua yang dilakukan perusahaan untuk menjaring pembeli dan menjaga hubungan dengan mereka. Bahkan hal-hal kecil seperti ucapan terima kasih, bermain golf dengan klien, membalas telepon dengan segera, serta pertemuan dengan klien lama sambil minum kopi dapat digolongkan sebagai pemasaran. Tujuan utama dari pemasaran adalah untuk menyatukan produk dan jasa perusahaan dengan orang-orang yang membutuhkan dan menginginkannya, sehingga menjamin keuntungan.
Tugas dari direktur pemasaran adalah tugas yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, dalam hal ini kita ambil contoh, perusahaan manajemen investasi. Yang pasti, direktur pemasaran bertanggungjawab untuk mengatur langkah komunikasi menyeluruh manajemen-aset yang diberikan kepada investor berpotensi. Sebagai tambahan, direktur pemasaran biasanya menjadi juru bicara komunikasi pemegang saham dalam perusahaan investasi yang tidak memiliki direktur terpisah untuk tujuan tersebut. Meskipun perjalanan karir untuk menjadi direktur pemasaran adalah perjalanan yang panjang, hal ini biasanya cukup menantang dan berharga.
Perbedaan Antara Pemasaran dan Penjualan pada Perusahaan Investasi
Dari luar perusahaan pengelolaan aset, peran penjualan dan pemasaran mungkin terlihat hampir sama. Akan tetapi, di dalamnya terdapat perbedaan yang cukup jelas. Bagian pemasaran berfokus pada pembuatan pesan komunikasi yang biasanya dibagikan kepada investor potensial oleh bagian penjualan. Saat hal tersebut dilakukan, direktur pemasaran memberikan dukungan berharga untuk bagian penjualan dengan cara mengepalai tim yang membuat saran-saran penjualan dan nantinya digunakan untuk menjual produk investasi.
Direktur pemasaran harus mengembangkan strategi pemasaran untuk setiap jalur komunikasi yang ada. Jalur ini termasuk komunikasi tercetak seperti brosur, lembar pembelajaran, dan produk terbaru. Ditambah lagi, sejak beberapa dekade, komunikasi online termasuk web site perusahaan dan kampanye lewat email telah menjadi salah satu tanggung jawab direktur pemasaran juga. Terakhir, di banyak perusahaan, tim pemasaran sering mengembangkan presentasi yang dibutuhkan oleh bagian penjualan saat mereka memberikan produk pengelolaan aset pada investor berpotensi.
Jika kamu percaya bahwa karir potensial sebagai direktur pemasaran dari perusahaan pengelolaan aset adalah karir yang tepat untukmu, cobalah untuk melamar posisi pekerjaan sebagai seorang marketing associate. Pengalaman level pemula ini akan memberimu gambaran apakah karir ini menjadi hal yang menyenangkan atau sebaliknya untukmu. Jika kamu masih menjalankan kuliah, kamu mungkin ingin mencoba menjadi karyawan magang di bagian pemasaran dari perusahaan pengelolaan investasi besar di masa liburan semestermu. Tidak ada hal yang lebih tepat untuk menentukan arah karirmu selain merasakannya secara langsung.
Title : Pengertian Pemasaran dan Investasi
Description : Pengertian pemasaran adalah sebuah aktivitas dari perusahaan yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan sebuah produk atau jasa. Hal ...