Perkembangan jaman yang sangat pesat ini menjadikan kita mengenal beberapa sistem yang bekerja disekitar kita seperti sistem informasi, sistem komunikasi dan yang lainnya. Salah satu yang perlu anda ketahui dengan baik adalah sistem informasi pemasaran yang sekarang ini sangat marak dibicarakan dan sikembangkan demi tertujunya kehidupan modern yang mumpuni. Kita sebagai mahluk sosial tentunya sangat mendukung perkembanga sistem informasi yang ada dalam kehidupan kita. Demikian juga dengan sistem informasi pemasaran yang ada. Kita menjadi lebih mampu memahami informasi yang ada dalam bidang pemasaran. Kita mengenal sistem informasi, bagaimana dengan sistem informasi pemasaran itu sendiri?

Sistem informasi dapat digambarkan secara umum sebagai kegiatan peseorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang jasa dan gagasan. Secara spesifik sistem informasi pemasaran atau dikenal juga sebagai SIP mengandung beberapa unsur penting utama seperti manusia, peralatan dan peosedur yang bertugas mengatur, mengumpulkan dan menganalisis serta mengevaluasi informasi yang dibutuhkan untuk suatu pemasaran. Memang itu sudah sangat bisa diketahui dengan pasti bahwa sistem informasi oemasaran digunakan didalan suatu perusahaan atau organiasi untuk melakukan tugas utamanya sebagai pemberi informasi dan pengatur informasi mengenai pemasaran yang ada pada suatu lembaga atau perusahaan.
Adanya sistem informasi pemasaran pada suatu perusahaan atau lembaga menjadikan peran sistem ini sangatlah kompleks. Sistem informasi pemasaran dituntut untuk mampu menyeimbangkan antara informasi yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan. Mengembangkan informasi secara lebih jelas dan nyata merupakan tugas yang harus diemban oleh suatu sistem informasi pemasaran. Tidak hanya mengembangkan dan menyaring informasi yang ada, mendistribusikan informasi yang ada kepada perusahan adalah tugas ppenting yang tidak oleh dilupakan oleh sistem informasi pemasaran.
Dalam sebuah perusahaan, sistem informasi pemasaran adalah sistem yang sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Sistem informasi pemasaran yang baik akan menjadikan kegiatan yang ada dalam perusahan dapat bekerja dengan lancar. Untuk pengambilan keputusan dari apa yang telah sistem informasi pemasaran lakukan, ada beberapa hal yang sangat berkaitan dengan pengambilan keputusan yang berdasar pada sistem informasi pemasaran yaitu produk, tempat , promosi dan harga dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan terkait. Dengan adanya sistem informasi pemasaran yang baik pada suatu perusahaan maka kelangsungan dan kinerja perusahaan akan menjadi lebih baik.
Beralih kebagian pembangun suatu sistem yaitu komponen. Sistem informasi pemasaran mempunyai komponen beberapa komponen peting yang sama dengan sistem informasi secara umum, yaitu komponen-komponen input, model, output, basis data, teknologi dan kontrol. Komponen-komponen tersebut sangatlah berperan penting pada lajunya suatu sistem informasi. Tanpa adanya input informasi yang masuk, sangatlah mustahil untuk mengahsilkan suatu output. Jadi, sebuah sistem adalah suatu kesinambungan antara fungsi, manfaat serta komponen yang ada menjadi satu untuk mencapai suatu hasil yang nyata dan dapat dipertanggung jawabkan.
Teori belajar behavioristik | Strategi belajar mengajar
Title : Memahami Sistem Informasi Pemasaran
Description : Perkembangan jaman yang sangat pesat ini menjadikan kita mengenal beberapa sistem yang bekerja disekitar kita seperti sistem informasi, si...