Dalam pencapaian pengakuan di dunia, suatu bangsa dapat dilihat dari karakter yang dibawakan bangsa itu sendiri. Dimana karakternya bisa berasal dari sektor pendidikan. Pendidikan merupakan hal utama dalam pembentukan suatu bangsa. Dalam pendidikan akan diusahakan hal yang menyadarkan proses belajar pembelajaran yang mengembangkan potensi yang dimiliki oleh pembelajar. Pendidikan juga merupakan salah satu yang terkandung dalam undang-undang, dimana tertera bahwa tujuannya adalah untuk mencerdaskan suatu bangsa. Dunia pendidikan sekarang ini memang menjadi perhatian khusus dar semua kalangan. Sperti yang kita tahu bahwa ada sisi positif perkembangan pendidikan didunia, terutama di Indonesia.

Seperti yang kita tahu pendidikan memiliki banyak polemik. Dari segi pelaksanaan, segi pengaplikasian dan juga segi pengembangan. Didaerah perkotaan kita tahu bahwa pendidikan menjadi hal yang sangat berkembang, sedangkan seperti kita lihat dimedia masa baik televise, radio maupun Koran, banyak sekali menyebutkan bahwa pendidikan disebagian daerah tertinggal sangatlah kurang bisa dinikmati sebagian kalangan generasi muda bangsa. Kesenjangan perkembangan didunia pendidikan antara daerah perkotaan dan daerah tertingal inilah yang menjadi alasan perlunya kita tahu apa itu definini pendidikan sebenarnya.
Pendidikan merupakan hal dasar yang sebenarnya tidak hanya kita dapat dilingkungan sekolah seperti layaknya orang awam deifinisikan. Definisi pendidikan itu sendiri memiliki makna yang lebih general secara pemerolehan. Seperti yang dikemukankan oleh Soekidjo Notoatmodjo bahwa pendidikan secara umum adalah segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat sehingga mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan. Pendidikan dilakukan dan laksanakan guna menghasilkan suatu pengetahuan kepada seorang inidvidu melalui proses pembelajaran, pelatihan dan pengujian kemampuan.
Adanya pendidikan tentunya ada unsure yang membangunnya. Unsure-unsur utama dalam pendidkan adalah input yang berupa materi atau pengetahuan yang perlu diberikan atau diperoleh oleh seorang individu. Kemudian pendidik yang menjadi unsur penting juga dalam pendidikan. Kemudian unsur yang berperan aktif adalah proses. Proses adalah unsur yang sangat berpengaruh dalam pendidikan. Unsur yang terakhir adalah output yang menjadi tolak ukur apakah aktifitas pendidikan itu berlangsung dengan baik atau tidak.
Pencanangan program wajib belajar sembilan tahun juga salah satu tujuan untuk menyadarkan bahwa pendidikan sangat dibutuhkan bagi masyarakat. Tetapi untuk memajukan pendidikan, sekaranng ini banyak program pendidikan yang ditujukan utuk anak-anak usia dini. Hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan potensi secara dini. Pendidikan dapat diperoleh dari jalur formal, jalur nonformal, dan jalur informal. Jalur formal merupakan jalur yang terdiri dari tiga tingkat pendidikan, yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.
Unsur pendidikan menerangkan bahwa output yang diharapkan memiliki keterampilan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain fokus pada pembelajar, pendidikan perlu memperhatikan pendidiknya. Hal ini dimaksudkan agar tercapainya tujuan utama yaitu pendidikan yang mendidik dan terdidik. Maka dari itu hal-hal yang perlu kita ketahui dengan baik adalah pendidik diharapkan memiliki kompetensi yang mumpuni sehingga mereka peserta didik dapat mendapatkan output yang baik dari proses pendidikan yang ada. Apa yang kita harapkan adalah pendidikan yang maju dan seluruh peserta bisa menjadi terdidik dengan input dan output yang semakin berkembang.
Title : Definisi Pendidikan dan Unsurnya
Description : Dalam pencapaian pengakuan di dunia, suatu bangsa dapat dilihat dari karakter yang dibawakan bangsa itu sendiri. Dimana karakternya bisa b...