Mesin Diesel : Penemu, Cara Kerja dan Kelemahannya (28/05). Kita sudah sering mendengar mesin diesel sebagai mesin yang digunakan pada kendaraan otomotif. Tapi sebenarnya, apakah itu mesin diesel? Mesin diesel adalah sebuah mesin pembakaran yang menggunakan bahan bakar diesel, dimana untuk penggunaannya bahan bakar ini dibakar dengan suhu tinggi dengan menggunakan prinsip mesin kompresi. Mesin diesel pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Rudolf Diesel pada tahun 1892.

Pada tahun 1893, hak paten mesin diesel atas namanya pun diluncurkan, dimana pada kemudian hari mesin diesel digunakan dengan bahan bakar bernama diesel. Kehadiran mesin diesel pada jamannya berhasil menggeser penggunaan mesin uap sebagai mesin yang lebih kokoh dan lebih hemat energi. Karena bentuknya yang kokoh dan hemat energi, mesin diesel banyak digunakan pada mesin pabrik, mesin kapal, mesin kereta api, generator listrik dan mesin mobil. Khusus penggunaan mesin diesel pada mobil pada jaman ini mulai menjadi hal yang cukup langka, karena bahan bakar diesel yang digunakan dianggap memberi sumbangsih bagi pencemaran udara.
Mesin diesel bekerja dengan cara merubah energi kimia pada bahan bakar diesel menjadi energi mekanis. Energi kimia pada bahan bakar mengalami perubahan melalui proses pembakaran dan oksidasi yang terjadi di dalam ruang bakar mesin. Di dalam ruang bakar ini terjadi kenaikan suhu drastis hingga mencapai titik bakar dari bahan bakar diesel lalu kemudian dimanfaatkan dengan tekanan yang juga tinggi.
Dengan terbakarnya bahan bakar diesel, akan tercipta nyala bakar di dalam ruang bakar, dan memicu ledakan yang akan menggerakkan piston mesin.
Gerakan-gerakan piston ini menggerakkan poros roda pada mesin dan kendaraan yang menggunakan mesin diesel ini. Gerakan yang mendorong piston inilah yang disebut dengan tenaga dorong piston, dimana tenaga inilah yang menggerakkan mesin-mesin diesel pada kendaraan yang menggunakan mesin tersebut.
Biasanya produsen mesin diesel menambahkan beberapa komponen tambahan pada mesin diesel produksi saat ini dibandingkan mesin diesel yang diproduksi pada tahun-tahun awal penemuannya.
Penambahan yang dilakukan ada pada penggunaan turbocharger yang berfungsi untuk memperbesar jumlah udara yang masuk ke dalam ruang bakar dan didorong dengan menggunakan alat ini. Penambahan yang lainnya adalah penggunaan intercooler yang berfungsi untuk mendinginkan udara panas yang akan masuk ke dalam ruang bakar.
Kenapa udara panas yang masuk harus didinginkan dan tidak dibiarkan saja dalam kondisi panas untuk efisiensi? Karena udara yang panas akan mengalami pertambahan volum dan akan memenuhi ruang bakar. Sehingga dengan didinginkan terlebih dahulu, jumlah udara yang menempati ruang bakar bisa lebih banyak.
Beberapa kesulitan penggunaan mesin diesel ada ketika mesin berada dalam kondisi dingin atau udara dingin. Pada kondisi ini, mesin diesel akan sulit dinyalakan karena bahan bakar diesel akan mengental sehingga meningkatkan faktor kekentalannya hingga membentuk lilin ataupun kerak. Akan tetapi permasalahan ini sudah dapat diatasi dengan penggunaan busi menyala yang diletakkan di dalam silinder tepat pada ruang bakar mesin. Sehingga udara dingin dipanaskan terlebih dahulu sebelum masuk menuju ruang bakar mesin.
Title : Mesin Diesel : Penemu, Cara Kerja dan Kelemahannya
Description : Mesin Diesel : Penemu, Cara Kerja dan Kelemahannya (28/05). Kita sudah sering mendengar mesin diesel sebagai mesin yang digunakan pada ken...