Bagi kebanyakan guru, hal yang paling penting saat terjadinya proses belajar mengajar adalah strategi yang baik. Strategi belajar mengajar yang tepat adalah fokus dari para guru agar murid bisa menyerap pelajaran lebih cepat, sehingga tidak terjadi masalah baik dalam pengertiannya maupun implementasinya di kemudian hari.
Berikut adalah beberapa strategi belajar mengajar aktif yang diharapkan dapat membantu para pendidik, terlebih untuk para pendidik baru yang membutuhkan pengalaman dan banyak masukan untuk diterapkan.
Agar para murid dapat belajar dengan efektif, mereka harus memiliki jembatan penghubung dari ilmu yang telah mereka ketahui dengan bahasan baru yang akan diajarkan pada mereka. Di bagian awal pembelajaran, pendidik harus memfasilitasi ‘jembatan’ ini dengan membantu murid melatih pengetahuan yang telah mereka ketahui.
Salah satu strategi yang berguna adalah membuka pembelajaran dengan sebuah pertanyaan. Berikan sebuah ‘pertanyaan pembuka”, berikan waktu kepada para murid untuk memikirkan jawabannya, lalu minta beberapa dari mereka untuk menjawab. Strategi ini mudah dilakukan, tidak membutuhkan banyak waktu, efektif untuk kelas besar maupun kecil, dan secara efektif membantu murid berfokus pada topik saat itu. Cara ini juga memberikan pendidik beberapa masukan berguna untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan para murid mengenai hal yang akan dibahas pada hari itu.
Mencari ide adalah strategi belajar aktif di mana murid diminta memikirkan tentang segala hal yang mereka ketahui mengenai pokok bahasan dengan mencari kata-kata yang berhubungan dengan pokok bahasan tersebut. Dalam mencari ide, murid diharap dapat memperluas pengetahuan mereka dengan membuat hubungan kreatif antara pengetahuan yang sudah diketahui dengan kemungkinan-kemungkinan baru. Untuk memulai strategi ini, pendidik bertanya pada murid, tentang apa yang mereka ketahui mengenai sebuah topik. Murid diminta untuk mulai menyebutkan hal-hal yang ada di benak mereka dan secara sistematis memformulasikan hubungan-hubungan baru yang belum pernah terpikirkan oleh mereka sebelumnya.
Mencari ide dapat berfungsi dengan baik di awal pembelajaran untuk mendapat perhatian dari para murid dan mempersiapkan mereka dalam menerima bahasan pada hari itu, ini juga dapat digunakan di akhir pembelajaran untuk merangkum dan membantu murid membuat hubungan antara bahasan yang baru mereka pelajari dan dunia di luar ruang kelas mereka. Mencari ide dapat diterapkan di kelas besar atau kecil dan bisa diselesaikan dalam waktu singkat.
Strategi memeriksa catatan adalah strategi di mana pendidik meminta murid bekerja sama dengan murid lain di dekatnya dan membandingkan catatan mereka, berfokus pada informasi rangkuman yang benar dan mencari kesalahan atau ketidaktahuan salah satu murid. Murid juga dapat membuat pertanyaan atau memecahkan persoalan yang diberikan oleh pendidik. Latihan ini dapat dilakukan selama dua atau tiga menit.
Beberapa pendidik mengatakan bahwa strategi ini agak rumit karena mereka berpikir tidak semua murid akan membuat catatan, dan hanya bergantung kepada pasangannya untuk membuat catatan tersebut untuknya. Penting diingat bahwa murid tidak saling menukar catatan, tapi saling bekerja sama untuk mengisi kekosongan atau kekurangan informasi dari catatan mereka masing-masing. Dengan cara ini, pendidik dapat membantu murid belajar membuat catatan yang baik, dan juga memeriksa apakah para murid bisa mencari ide pokok dari bahasan pada hari itu.
Title : 3 Strategi Belajar Mengajar Efektif
Description : Bagi kebanyakan guru, hal yang paling penting saat terjadinya proses belajar mengajar adalah strategi yang baik. Strategi belajar mengajar...