Keberhasilan sebuah perusahaan dinilai berdasarkan dari kemampuannya dalam mendapatkan laba. Laba yang merupakan keuntungan utama sebuah perusahaan, dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan berbagai kegiatan usahanya, termasuk meningkatkan jumlah modal serta sumber daya manusia, serta memperluas bidang usahanya. Laba perusahaan didapatkan melalui penjualan, sehingga pengertian penjualan harus diketahui dengan baik.
Untuk mendapatkan laba, penjualan yang dilakukan oleh perusahaan haruslah dapat diandalkan. Yang dimaksud dengan dapat diandalkan adalah volume penjualan yang semakin besar. Dengan semakin besarnya volume penjualan, maka laba yang didapat oleh perusahaan akan semakin besar.
Menurut Moh. Kurdi berdasarkan penerjemahan dari Joel G. Siegel dan Joe K. Shim, yang disebut dengan penjualan adalah penerimaan yang diperoleh dari pengiriman barang dagangan atau dari penyerahan pelayanan dalam bursa sebagai barang pertimbangan. Pertimbangan ini dapat dalam bentuk tunai peralatan kas atau harta lainnya. Pendapatan dapat diperoleh pada saat penjualan, karena terjadi pertukaran, harga jual dapat ditetapkan dan bebannya diketahui.
Mengapa bisa terjadi sebuah penjualan? Hal ini dikarenakan prinsip ekonomi yang paling dasar yaitu prinsip kebutuhan. Manusia selalu membutuhkan bermacam-macam kebutuhan baik kebutuhan dasar, sekunder maupun tersier. Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebutlah maka kegiatan penjualan terjadi. Penjualan dilakukan untuk memenuhi keinginan dari kebutuhan manusia. Penjualan dapat dikatakan sebagai bantuan untuk memenuhi keinginan manusia.
Dalam pelaksanaannya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi penjualan. Beberapa faktor tersebut di antaranya adalah kondisi dan kemampuan penjual, kondisi organisasi perusahaan, modal, kondisi pasar, dan faktor lain. Salah satu faktor yang paling penting dan yang paling berpengaruh adalah faktor modal. Modal adalah pendukung utama kemampuan penjual untuk melakukan penjualan. Selain digunakan untuk membeli bahan-bahan utama produk yang dijual, modal juga digunakan untuk mendukung sarana usaha seperti transportasi, promosi, biaya distribusi, dan lain sebagainya. Penjualan akan berjalan lancar apabila penjual memiliki modal yang cukup untuk mendukung usahanya.
Selain faktor yang mempengaruhi penjualan, pelaku penjualan atau disebut penjual sendiri juga harus memiliki faktor-faktor pendukung agar penjual dan penjualan dapat bersinergi dengan baik. Beberapa faktor pendukung keberhasilan penjual di antaranya adalah pengetahuan mengenai segmen pasar, jenis pasar, daya beli konsumen, harga jual serta produk knowledge (pengetahuan mengenai barang yang dijual). Semua faktor ini dapat mendukung penjual dan penjualannya untuk meraih laba yang lebih besar. Dengan sinergi dari faktor-faktor di atas, penjualan akan lebih efektif karena telah melalui analisa dari berbagai sudut pandang dan pertimbangan.
Dengan mengetahui pengertian penjualan, faktor-faktor pendukung penjualan, serta faktor-faktor pendukung pelaku penjualan, kemampuan sebuah perusahaan mendapatkan laba akan bertambah sehingga tujuan perusahaan untuk mengembangkan usahanya dapat segera diwujudkan. Keberhasilan perusahaan yang seperti inilah yang diharapkan oleh para pelaku usaha saat mereka memulai usahanya.
Title : Pengertian Penjualan dan Faktor-faktor Pendukungnya
Description : Keberhasilan sebuah perusahaan dinilai berdasarkan dari kemampuannya dalam mendapatkan laba. Laba yang merupakan keuntungan utama sebuah p...