Disiplin ilmu yang peduli akan penerapan belajar mengajar disebut psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan proses belajar mengajar, misalnya tentang metode pembelajaran dan teori-teori yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar ini tentunya melibatkan seorang yang mendidik yang biasa disebut sebagai pendidik dan juga seorang yang dididik yakni peserta didik. Di antara dua subjek yang terlibat ini ada hubungan yang sangat erat yakni pendidik memiliki fungsi sebagai fasilitator agar hal yang disampaikan pada peserta didik dapat diterima dengan baik, sedangkan peserta didik dianggap sebagai subjek yang sedang menjalani proses pembelajaran.

Dengan adanya keterkaitan tersebut, pendidik memiliki pengaruh pada peserta didik, begitu juga sebaliknya peserta didik juga memiliki pengaruh pada pendidik. Namun hal yang paling besar pengaruhnya ialah pengaruh dari pendidik, setiap perkembangan atau perubahan yang terjadi di dalam diri peserta didik sangat besar pengaruhnya dari pendidik. Maka dari itu, karena pengaruh dari pendidik kepada peserta didik sangat besar, maka metode atau teori-teoi pembelajaran yang akan disampaikan pada peserta didik harus tepat.
Psikologi pendidikan tentunya akan terus berkembang dari masa ke masa, dan dalam perkembangannya, pendidik tidak boleh lepas dari hal itu. Perkembangan psikologi pendidikan harus dipelajari dan dipahami oleh pendidik dan hal itu tetap harus dikaitkan dengan kondisi psikologi pendidikan sebelumnya. peran psikologi pendidikan sangat penting, khususnya bagi peserta didik. hal ini disebabkan karena dalam pendidikan saat ini sangat minim perhatian terhadap peserta didik, kebutuhan peserta didik kurang diperhatikan sehingga pembelajaran tidak tersampaikan dengan baik. Dengan adanya psikologi pendidikan tersebut diharapkan peserta didik lebih diperhatikan dengan lebih baik kebutuhannya sehingga hasil yang maksimal dapat dicapai.
Dalam dunia pendidikan, adanya psikologi pendidikan sangat berpengaruh penting dan memberikan manfaat yang besar demi tercapainya tujuan pendidikan itu sendiri. Maka langkah awal yang perlu dilakukan yakni dengan cara mengelola proses belajar mengajar dengan baik dengan menggunakan prinsip-prinsip yang ada pada psikologi pendidikan. Namun tidak semua kegiatan dalam proses pembelajaran membutuhkan pengelolaan yang sesuai dengan prinsip-prinsip psikologi pendidikan dan hanya ada beberapa kegiatan penting yang memerlukan proses pengelolaan yang baik.
Misalnya pada saat merencanakan pendidikan , penyusunan kurikulum, materi pelajaran yang harus dipilih dan diajarkan pada peserta didik. hal yang tidak kalah pentingnya lagi adalah pelayanan bimbingan dan konseling. Beberapa kegiatan tersebut harus dikelola dan disesuakan dengan prinsip psikologi pendidikan. Pendidik diharapkan juga berkompetensi dalam psikologi pendidikan. Hal ini dapat terlihat dari bagaimana seorang pendidik dapat mengemban tanggung jawab dari profesinya. Bertanggung jawab yang dimaksud adalah pendidik yang dapat menggunakan prinsip psikologis pendidikan dalam proses pembelajaran.
Title : Psikologi Pendidikan Dan Manfaatnya
Description : Disiplin ilmu yang peduli akan penerapan belajar mengajar disebut psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan mempelajari banyak hal yang ...