Salah satu faktor penentu kemakmuran dan kesjahteraan rakyat bisa dilihat dari sisi pendidikan yang diterapkan dalam satu Negara. Pembangunan peradaban bangsa dapat dilakukan melaui pendidikan. Dan hasil atau buah dari pendidikan yang sudah diterapkan akan terlihat dan tergantung dari tujuan awal dari pendidikan itu sendiri. Jika dilihat dari perkembangan pendidikan dan budaya yang dimiliki oleh orang barat maka akan jelas terlihat perbedaan “hasil” dari perbentukan anak didik.

Orang barat tentu memiliki banyak pandangan yang berbeda mengenai pendidikan jika dibandingkan dengan umat islam. Konsep dan dasar-dasar serta kebijakan yang dibuat dari pendidikan barat berlandaskan pada rasionalisme. Hal ini jelas berbeda dengan konsep yang dibuat oleh umat islam dalam menerapkan pendidikan. Konsep ang dibuat oleh umat islam tentunya masih dipengerahi oleh aturan-aturan yang terdapat dalam al-Qur’an dan sunnah-sunnah. Dari dasar konsep yang dibuat berbeda maka tentunya karakter dari masing-masing anak didik yang terbentuk juga jelas berbeda.
Paradigma yang dijadikan acuan oleh orang barat bahwa semuanya harus bersifat logis dan masuk akal.segala sesuatu yang menyangkut tentang dunia pendidikan harus logis dan merupakan kebenaran yang dapat ditelaan secara logika. Jika dibandingkan dengan filsafat pendidikan islam, teori yang menjadi dasar acuan pendidikan dibuat tidak hanya harus logis tapi tetap harus tidak boleh bertentangan dengan ajaran Islam yang diperintahkan oleh Allah SWT. Melihat dari paradigma yang digunakan oleh orang barat, semuanya memang logis dan masuk akal namun tidak semua hal tersebut sesuai dengan ajaran agama islam.
Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa filsafat pendidikan umat islam berpedoman pada akal yang dipandu oleh perintah dari Allah SWT sedangkan filsafat barat hanya berpedoman pada akal manusia. Dengan tuntunan yang tidak hanya berpedoman pada logika, maka filsafat pendidikan islam memeliki kelebihan dari segi spiritual serta tuntunan hidup yang lebih baik dibandingkan filsafat pendidikan barat. Yang perlu diperhatikan lagi hanya dari segi penerapan dan penentuan konsep-konsep yang sesuai dengan perkembangan zaman agar pendidikan yang dibuat dalam konsep umat islam tetap mengikuti perkembangan zaman yang berkembang pesat.
Jika penerarapan filsafat pendidikan islam berjalan dengan baik, maka anak didik atau generasi penerus bangsa akan mendapatkan manfaat yang besar. Dan diharapkan nantinya pada perkembangan Negara Indonesia dimasa mendatang lebih baik dari hari ini. sebab jika ilmu dan wawasan yang luas dimiliki seseorang tanpa adanya iman yang menuntun maka tidak menutup kemungkinan hal itu akan disalahgunakan. Seperti misalnya tindakan korupsi yang dilakukan oleh para pejabat Negara. Dengan hanya memiliki ilmu tanpa iman, maka hal itu akan percuma bahkan akan berdampak buruk bagi bangsa Indonesia.
Title : Filsafat Pendidikan Islam
Description : Salah satu faktor penentu kemakmuran dan kesjahteraan rakyat bisa dilihat dari sisi pendidikan yang diterapkan dalam satu Negara. Pembang...