Manajemen pemasaran adalah ilmu yang perlu dikuasai dalam sebuah bisnis. Dalam manajemen pemasaran, ada beberapa hal perlu diperhatikan agar tujuan dari kegiatan pemasaran tersebut bisa tercapai. Pertama, perhatikan siapa sasaran pemasaran dari produk kita. Untuk mengetahui siapa pengguna produk kita, kita harus mengenal produk kita terlebih dahulu. Kita harus bisa mengetahui seperti apa karakteristik produk kita dan apa novelty yang dimiliki produk kita dibandingkan produk yang lain, kemudian baru menentukan kepada siapa produk tersebut akan dipasarkan.
Apakah kepada anak-anak, orang tua, mahasiswa, remaja, atau untuk semuanya. Akan lebih baik jika kita membuat segmentasi pasar yang jelas tentang kepada siapa saja produk kita akan dikenalkan dan prioritaskan segmentasi mana yang akan cenderung sebagai sasaran konsumen utama. Dengan begitu, kita akan lebih mudah memikirkan ide apa yang pas untuk memasuki segmentasi pasar tersebut.
Manajemen pemasaran sangat berkaitan erat dengan inovasi dan sesuatu yang baru. Terkadang konsep untuk memasarkan sesuatu tidak selalu harus ide yang baru. Memanfaatkan sesuatu fenomena yang mainstream juga bisa dijadikan alternatif. Terkadang orang-orang justru akan lebih mudah menangkap pesan yang disampaikan oleh iklan pemasaran yang menggunakan konsep mainstream. Dalam manajemen pemasaran, kita juga harus bisa menetapkan target yang ingin kita capai. Tentang apa saja kembalian yang ingin didapatkan dari manajemen pemasaran yang dilakukan, apa saja faktor penentu keberhasilannya, apa saja hambatan yang mungkin terjadi, bagaimana mengatasi permasalahan tersebut, dan sebagainya. Kita juga perlu menentukan indikator kinerja kunci dari aktifitas pemasaran yang dilakukan.
Untuk lebih jelasnya, misalnya kita adalah anggota manajemen pemasaran untuk produk minuman susu milk shake. Untuk konsep pemasarannya, kita bisa memanfaatkan fenomena dance Harlem Shake yang baru - baru ini sedang populer di situs video sharing terbesar, Youtube. Milk shake dan Harlem Shake mempunyai nama yang mirip. Hal ini berarti kita sedang memanfaatkan moment yang sedang menjadi perhatian masyarakat. Tinggal bagaimana cara kita saja mengolah konsep tersebut menjadi lebih baik dan informatif. Dengan adanya manajemen pemasaran, target yang ingin kita dapatkan bisa berupa pengenalan produk, brand, atau image yang berimbas pada pengingkatan keuntungan.
Faktor penentu keberhasilan bisa berupa banyaknya masyarakat yang menyukai minuman berjenis milkshake, banyaknya permintaan, jumlah iklan pemasaran yang disebarkan, dan variasi media iklan yang digunakan. Hambatan bisa datang dari kompetitor yang muncul dengan produk yang hampir sama. Selanjutnya adalah strategi yang tepat untuk mengatasi masalah yang muncul. Kita harus menonjolkan nilai tambah dari produk kita agar mampu bersaing dengan kompetitor. Hal tersebut adalah contoh penerapan manajemen pemasaran pada industri pangan. Setiap sektor industri bisa jadi mempunyai pendekatan manajemen pemasaran yang berbeda dan disesuaikan dengan beberapa hal.
Title : Belajar tentang manajemen pemasaran
Description : Manajemen pemasaran adalah ilmu yang perlu dikuasai dalam sebuah bisnis. Dalam manajemen pemasaran, ada beberapa hal perlu diperhatikan a...